Dalam suatu perusahaan, untuk menunjang pekerjaan diperlukan berbagai faktor pendukung yang harus di penuhi. Selain lingkungan kerja yang kondusif, komunikasi antar bagian juga menjadi sangat penting.Terkadang agar lingkungan kerja kondusif diperlukan penataan interior sedemikian rupa agar mendukung. Disinilah peranan jasa interior diperlukan. Sedangkan untuk komunikasi diperlukan perangkat pendukung,
Komunikasi adalah unsur yang sangat penting dan menjadi hal yang di prioritaskan. Karenanya, dibutuhkan alat penunjang komunikasi antar bagian yang nantinya bisa melancarkan proses koordinasi. PABX adalah salah satu alat yang biasa ada pada perusahaan. Jika segi keamanan perusahaan melakukan pemasangan CCTV, maka untuk komunikasi PABX menjadi perangkat yang sangat membantu.
Apa itu PABX?
PABX merupakan singkatan dari Private automatic Branch exchange. Perangkat ini memungkinkan terjadinya komunikasi antar ruang, antar gedung dan antar bagian dengan menggunakan perangkat telepon. Selain menghubungkan komunikasi antar bagian dalam satu area, PABX juga terhubung dengan layanan provider telepon.
Fungsi PABX ini memungkinkan pengguna untuk menelepon suatu bagian pada sebuah kantor tanpa harus memerlukan operator telepon untuk menyambungkan. Setiap bagian pada suatu kantor yang memiliki pesawat telepon akan mendapatkan nomor ekstension. Nomor inilah yang menjadi dasar kemana tujuan telepon Anda.
Jenis PABX
Ada beragam jenis perangkat PABX yang dikenal di dunia telekomunikasi. Jenis PABX ini memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Inilah diantaranya :
PABX digital
PABX ini merupakan perangkat yang mempunyai output atau extension berupa data digital. Untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maka diperlukan perangkat yang khusus.
PABX analog
PABX ini menggunakan sinyal analog untuk mentransmisikan data. Karena menggunakan sinyal analog, maka tidak memerlukan pesawat khusus. PABX analog seperti halnya telepon yang ada di rumah-rumah.
PABX Hybrid
PABX ini merupakan perpaduan antara PABX analog dan juga digital. Karena itu pesawat ini memiliki empat buah kabel dengan sepasang untuk kabel analog dan sepasang untuk kabel digital.
PABX IP (Internet Protocol)
Seperti halnya jaringan komputer, PABX ini menggunakan perangkat yang mendukung koneksi internat agar PABX bisa dioperasikan. Setiap pesawat memiliki kode unik yang dinamakan internet protocol, sehingga perangkat ini bisa di diidentifikasi pada jaringan.
Bagaimana Cara Kerja PABX?
Seperti apa cara kerja PABX? Sebenarnya cara kerja PABX cukup sederhana. Ketika ada panggilan masuk, maka panggilan akan masuk ke pusat kontrol. Disana panggilan akan diarahkan ke bagian-bagian yang hendak dituju sesuai dengan nomor ekstensi bagian. Setiap bagian memiliki nomor ekstensi sendiri-sendiri.
Dengan demikian, setiap ruangan pada sebuah perusahaan misalnya, akan ada pesawat telepon sendiri dan pemanggil yang ada di luar perusahaan bisa tersambung ke bagian-bagian perusahaan yang ingin di tuju. Selain itu, keuntungan lainnya adalah sistem pada PABX bisa Anda sambungkan ke mesin fax, sehingga ketika di perlukan Anda bisa menggunakan mesin fax untuk keperluan tertentu.
Dengan menggunakan PABX, perusahaan dapat menjalankan jaringan telepon internalnya sendiri dan masing masing bisa menggunakan nomor ekstensi lokal. Ekstensi ini sesuai dengan telepon dan perangkat tertentu yang terhubung dan digunakan di gedung perusahaan. Dalam contoh di atas adalah penggunaan mesin fax.
Apa Perbedaan PABX dan PBX?
Sebenarnya kedua perangkat tersebut baik PBX dan PABX adalah sistem komunikasi yang bisa dilakukan switch sehingga alur komunikasi bisa diatur. Akan tetapi PABX adalah versi perbaikan dari PBX. PBX atau Private Branch Exchange adalah jaringan telepon yang dimiliki, dikelola, dan digunakan dengan penggunaan operator manusia dalam mengelola switchboard yang digunakan dalam pertukaran telepon.
Operator switchboard menggunakan cara manual untuk menyambungkan kabel atau untuk menutup sirkuit panggilan. Ini seperti halnya ketika Anda menggunakan telepon rumah dan Anda menutup sambungan telepon seseorang untuk kemudian menerima panggilan orang lain. Sedangkan dalam sistem PABX proses tersebut menggunakan komputer yang otomatis.
Fitur PABX
PABX sangat membantu dalam proses pertukaran informasi pada sebuah bisnis. Inilah beberapa fitur dasar dari perangkat PABX yang sangat membantu Anda dalam bisnis.
- Penjawab Otomatis : Secara otomatis menghubungkan penelepon ke nomor ekstensi target. Dengan demikian fungsi ini seperti fungsi resepsionis otomatis.
- Dering Balik Otomatis: Ketika suatu sambungan telepon sedang di lakukan, maka ketika seseorang masuk mereka bisa menunggu dan akan tersambung setelah sambungan telepon tidak sibuk.
- Penerusan Panggilan: Ketika panggilan masuk terjadi, penerima panggilan bisa meneruskan panggilan ke saluran tertentu.
- Parkir Panggilan: Anda bisa melakukan parkir panggilan. Panggilan yang baru berlangsung bisa ditahan dan Anda bisa melakukan panggilan lain.
- Panggilan Pick-up: Fitur ini memungkinkan staf mengambil dan menjawab panggilan masuk untuk penerima yang berbeda.
- Antrian Panggilan: Jika terdapat banyak panggilan masuk, maka Anda bisa menerapkan antrian panggilan.
- Rekaman Panggilan: untuk keperluan tertentu, Anda bisa melakukan rekaman panggilan.
- Transfer Panggilan: Memungkinkan pengguna untuk mengalihkan panggilan langsung ke pengguna atau ekstensi lain.
- Panggilan Menunggu: Panggilan yang masuk secara bersamaan bisa di handel dengan fitur panggilan menunggu.
- Panggilan Konferensi: Anda bisa melakukan pembicaraan dengan lebih banyak orang secara bersamaan.
- Jangan Ganggu (DND): Anda bisa melakukan pemblokiran panggilan masuk ke ekstensi tertentu.
- Direct Dial-In: Dengan melalui penjawab otomatis, pemanggil bisa langsung ke ekstensi yang hendak dituju.
- IVR (Respons Suara Interaktif): ini adalah penjawab otomatis. Anda bisa melakukan pengaturan untuk penjawab otomatis ini seperti menjawab pertanyaan akun, permintaan informasi produk, dan tujuan lainnya.
- Grup Dering: Anda bisa melakukan penggabungan setiap ekstensi ke dalam satu grup, kemudian bisa melakukan panggilan grup sehingga masing masing ekstensi akan berdering ketika grup di panggil.
- Panggilan Cepat: Anda bisa melakukan panggilan cepat dengan menekan tombol dengan nomor kombinasi tertentu. Ini akan mempersingkat waktu ketika Anda melakukan panggilan dengan segera.
- Pesan suara: Pemanggil bisa meninggalkan pesan suara ketika telepon tidak ada yang menjawabnya.
Mengapa PABX Penting untuk Kantor?
Jika Anda mengunjungi suatu kantor besar yang terdiri dari banyak bagian, maka bisa dipastikan disana akan ada sistem informasi yang menggunakan PABX. Mengapa bisnis banyak yang menggunakan perangkat ini? Inilah jawabannya!
Lebih hemat
Tentu dengan menggunakan sistem komunikasi PABX komunikasi antar ruang juga semakin hemat. Seperti halnya jaringan LAN yang ada pada komputer di setiap bagian, maka setiap pesawat telepon PABX akan terhubung satu sama lain dengan menggunakan nomor ekstensi sebagai tujuan untuk pemanggilan.
Menghasilkan pelayanan cepat
Dengan alur komunikasi yang lancar, maka suatu bisnis akan berjalan dengan lancar, termasuk dalam hal pelayanan. Pelayanan disini bisa berarti pelayanan antara klien dengan perusahaan, pelayanan internal perusahaan atau pelayanan antar perusahaan. Waktu sangat berharga di dalam bisnis. Karena itu waktu yang habis karena terlalu lamban alur informasi akan menjadikan bisnis Anda membuang hal yang sangat berharga.
Memudahkan koordinasi
Keberadaan sistem komunikasi antar ruang ini tentu saja memudahkan koordinasi antar bagian dalam suatu perusahaan yang menempati lokasi yang luas. Selain itu sistem pada PABX menghindari terjadinya tabrakan komunikasi antar bagian satu dengan yang lain ketika terjadi hubungan yang bersamaan.
Kesimpulan
Untuk bisnis modern yang membutuhkan koordinasi dengan cepat, maka PABX Adalah penting untuk bisnis Anda. Untuk pemasangan PABX profesional, Anda bisa mempercayakan pengerjaannya pada decord yang telah berpengalaman dalam pemasangan PABX. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk Anda.